Headlines News :
Home » » Besok, KIP Sahkan Pemenang Pilkada

Besok, KIP Sahkan Pemenang Pilkada

Written By Partai Aceh on Senin, 16 April 2012 | 13.08

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi suara untuk calon gubernur/wakil gubernur. Rapat pleno rencananya digelar di ruang sidang Gedung DPRA, Selasa 17 April 2012.

Wakil Ketua KIP Aceh Ilham Saputra kepada Serambi hingga kemarin pihak KIP Aceh masih terus menunggu data hasil rekap suara yang dikirim dari kabupaten/kota. “Masih kita tunggu rekap dari daerah sampai Senin (hari ini-red),” kata Ilham.

Ia menyebutkan kemungkinan besar pihak KIP akan langsung mengumumkan hasil perolehan suara dan menetapkan pasangan kandidat kepala daerah yang menang berdasarkan hasil rekap suara yang masuk per kabupaten/kota, lebih awal satu hari dari jadwal yang ditetapkan 18 April.

“Pertimbangnnya sebab dari rekap yang kita lakukan itu sudah dapat dilihat langsung siapa yang menang. Jadi kemungkinan besar tidak perlu lagi harus menunggu tanggal 18 April sesuai dengan jadwal,” jelasnya.

Sementara itu, hasil rekap dari beberapa KIP daerah menunjukkan, pasangan cagub/cawagub yang diusung Partai Aceh dan koalisi, Zaini Abdullah/Muzakir Manaf, masih mendominasi perolehan suara di daerah. Bahkan di beberapa daerah, pasangan ini menang mutlak, jauh meninggalkan para pesaingnya.

Seperti terlihat dalam rekap suara yang dilakukan KIP Aceh Timur, Minggu (15/4) kemarin. Di mana pasangan Zaini/Muzakir meraup sampai 73 persen (137.487 suara) pemilih di kabupaten itu, hampir sama dengan persentase yang diraih di Kabupaten Pidie, yang mencapai 74,66% (166.237 suara). Demikian juga di Aceh Utara, pasangan Zaini/Muzakir meraup 212.927 suara, lebih lima kali lipat dari 41.268 suara yang diraih pasangan Irwandi/Muhyan.

Sementara di Nagan Raya, pasangan Zaini/Muzakir meraup 49.040 suara (57,72%), jauh meninggalkan pesaingnya Irwandi/Muhyan yang meraih 21.921 suara (25,81%).

Hingga kemarin, Serambi telah memperoleh hasil rekap resmi dari 18 KIP kabupaten/kota di Aceh. Sebagian dari hasil itu telah diturunkan dalam edisi kemarin, dan sebagian diturunkan edisi hari ini, karena ada yang datanya baru diterima dari pihak KIP setempat.(Lihat, pemenang di daerah)

Sementara itu, dalam berita edisi kemarin dengan judul “Ini Dia Hasil Pleno KIP Sejumlah Daerah”, terjadi kesalahan penulisan jumlah suara yang diraih pasangan dr Zaini Abdullah/Muzakir Manaf di Aceh Tamiang. Tertulis 22.981 suara, seharusnya 50.800 suara, hanya beda 84 suara dari pasangan Irwandi Yusuf/Muhyan Yunan yang meraih 50.884 suara.

Agar tidak menimbulkan kesalahan, pada edisi hari ini, Redaksi menurunkan kembali hasil pemilihan gubernur di Kabupaten Aceh Tamiang.

Sumber: serambinews.com
Share this article :
 
Tentang Website: Syarat | Peta Situs | Kontak
Copyright © 2012. Official Website Partai Aceh - Hak Cipta dilindungi Undang-undang
Website:Tim Pemenangan Pusat
Partai Aceh