Headlines News :
Home » » Kita Sambut Positif Komitmen Zaini

Kita Sambut Positif Komitmen Zaini

Written By Partai Aceh on Sabtu, 05 Mei 2012 | 17.40

Para pekerja pers di Aceh pantas menyambut gembira atas komitmen Gubernur terpilih dr Zaini Abdullah yang menegaskan bahwa pemerintahnya kelak menjamin keberlangsungan pers yang bebas dan bertanggung jawab di Aceh. Menurut Zaini, kebebasan pers merupakan salah satu pilar demokrasi yang harus dipertahankan.

“Kebebasan pers mutlak mesti dilanjutkan agar tidak adanya kepincangan di dalam pemerintahan. Pers harus tetap berjalan apa adanya,” kata Zaini pada Diskusi Peringatan Hari Kebebasan Pers Internasional yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh, Kamis (3/5).

Menurut Zaini, pers menjadi pilar penting dalam sebuah sistem pemerintahan. Namun, keberadaannya juga harus mencerminkan nilai-nilai profesionalitas, dan kredibel. Juga yang lebih penting, menurutnya, adalah keberpihakan pers itu sendiri kepada kebenaran dan kepentingan publik serta bertanggung jawab.

Zaini menyebutkan, keberadaan pers tidak terlepas dari peran dan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan juga berperan sebagai lembaga kontrol sosial. Daya kritis pers, diakui Zaini, juga perlu dikedepankan, namun setiap kritikan yang dilontarkan media adalah bersifat membangun dan tidak semena-mena mengikuti selera pemiliknya.

Karenanya, kita meminta kepada semua pihak agar memberi ruang yang sama kepada pers agar bisa menjalankan fungsinya secara maksimal dan bertanggung jawab. Misalnya, ketika pers berbeda pendapat dengan pemerintah dalam melihat suatu persoalan, lantas janganlah dituding bahwa pers tidak senang atau tidak mendukung suatu kebijakan tertentu yang diajukan pemerintah.

Sebab, pers hanya bisa melakukan kritik terhadap suatu kebijakan yang dinilainya tidak berpihak kepada masyarakat, tentunya dengan menawarkan solusi sebagai jalan keluarnya. Pers pun tidak akan mengkritik suatu kebijakan secara membabi-buta tanpa adanya solusi yang rasional.

Namun, tak bisa dipungkiri sampai saat ini masih banyak pihak yang kurang memahami tentang fungsi dan tugas pers tersebut. Sikap subyektivitas ini dimunculkan oleh mereka yang sebenarnya sangat alergi dan cenderung antikritik.

Kebenaran bagi mereka hanya ada di pihaknya. Pers hanyalah pihak atau orang-orang yang dinilinya tidak senang terhadap diri mereka. Lantas pers pun kemudian ditempatkannya sebagai “musuh” yang harus diwaspadai setiap saat.

Tetapi, sekali lagi, kita pantas mengacungkan jempol kepada Gubernur terpilih dr Zaini Abdullah yang kelihatannya amat memahami tentang fungsi dan peran pers dalam mengawal jalannya suatu pemerintah.

Untuk itu, kita pun berharap komitmen Zaini Abdullah tersebut akan diikuti oleh stafnya. Sehingga dengan demikian, keseimbangan dan kehidupan demokrasi, selama Pemerintahan Zaini Abddulah-Muzakir Manaf akan terus terpelihara.

sumber: serambinews.com
Share this article :
 
Tentang Website: Syarat | Peta Situs | Kontak
Copyright © 2012. Official Website Partai Aceh - Hak Cipta dilindungi Undang-undang
Website:Tim Pemenangan Pusat
Partai Aceh